Selasa, 29 Juli 2014

Jurnal Reflesi Minggu 2 Dalam Strategi Pemasaran

Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran

Analisis ini harus dibandingkan dengan pesaing yang sama segmen pasarnya, ada empat komponen dalam analisis SWOT yang merupakan singgkatan dari :
  1. Strenghts : kekuatan
  2. Weaknesses : kelemahan 
  3. Opportunities : peluang
  4. Threats : tantangan/ancaman
Kalau dikaitkan dengan dunia usaha/perusahaan ke empat hal tersebut akan dikategorikan menjadi dua, hal internal dan eksternal
  • Kondisi internal akan dikaji dari variabel strenghts dan weaknesses, kondisi ini dapat kita perbaiki karena bersifat internal, yang dikaji dalam hal ini misalnya : lokasi usaha, posisi dipasar, kualitas produk, harga, bandingkan value chain, pelayanan, SDM, financial, apakah dari semua hal ini memberi kekuatan atau kelemahan pada usaha kita.
  • Kondisi eksternal dikaji dari variabel peluang dan tantangan (opportunitis & threats), untuk mengkaji hal ini dapat digunakan metode PASTEL, nantinya dari metode ini akan dapat ditarik kesimpulan apakah lebih berdampak positif atau negatif terhadap usaha kita, adapun PASTEL ini merupakan singkatan dari : 
  1. Politik : skala politik ada nasional atau regional apakah dampak dari politik ini memberi pengarauh positif atau negatif terhadap usaha kita.
  2. Environmental : damapak lingkunan terhadap usaha kita
  3. Sosial : dampak yang ditimbulkan terhadap usaha, baik dari perubahan gaya hidup
  4. Tehnological : penggunanan tehnologi dalam menjalankan usaha
  5. Economic : inflasi, dll
  6. Legal/hukum : perubahan peraturan perdagangan akan memberikan dampak terhadap usaha yang kita jalankan, usaha kita melanggar hukum atau tidak.
 Penerapan analisis SWOT dalam strategi

SWOT matrix
Dari kondisi internal (Strenghts & Weaknesses) dan kondisi eksternal (Opportunities & Threats) akan diperoleh empat strategi:
  1. S-O Strategies : apabila kita dalam posisi memiliki kekuatan sekaligus peluang maka akan menggunakan strategi ini untuk bisa memanfaatkan peluang-peluang
  2. S-T Strategies : apabila posisi kita memiliki kekuatan serta disisi lain kita juga punya tantangan maka akan menggunakan strategi ini untuk menhadapi ancaman-ancaman yang ada
  3. W-O Strategies :apabila posisi kita memiliki kelemahan tetapi disisi lain kita memiliki peluang maka menggunakan strategi ini untuk meminimalkan kelemahan-kelemahan yang ada dan bisa memanfaatkan peluang
  4. W-T Strategies : apabila posisi kita memiliki kelemahan dan tantangan maka menggunakan strategi ini untuk dapat meminimalkan kekurangan yang ada, serta bagaimana kita segera melakukan peningkatan atau mengimprove diri kita supaya lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar